Wednesday, August 25, 2010

Tidur Efektif




Tidur efektif?
Kayak belajar aja, belajar efektif ;p
Cekidooo!


Sebenarnya kita membutuhkan waktu untuk tidur itu berapa jam sehari sih? Yang saya dengar-dengar, 8jam sehari. Benar ngga? Mungkin kalau pernyataan saya belum benar, bisa diperbaiki lewat comment :)


Tidur efektif disini maksudnya waktu tidur kita yang mencukupi dalam sehari.
For example, waktu saya masih duduk di bangku SMA. Jarak antara rumah saya ke sekolah itu kurang lebih 13km. Lumayan jauh bukan? Masuk sekolah pukul 06.30, kalau telat tidak ada toleran dari pihak sekolah. Berarti saya harus berangkat lebih awal supaya ngga telat (belum macet di jalan). Saya berangkat pukul 05.30. Saya mesti bangun pukul 04.00 untuk menyiapkan segala sesuatu yang harus dibawa ke sekolah. Bayangin! Betapa ngantuk se ngantuk-ngantuknya sayaaa >_< sesampai di sekolah, saat kbm (kegiatan belajar mengajar) berlangsung, banyak anak-anak (termasuk saya) yang menguap manandakan mereka mengantuk.
Itu contoh dari pengalaman saya. (Alhamdulillah saya sudah melewati masa-masa itu hehe ;p)


Normalnya (kalau lagi ngga puasa), kita tidur pukul 21.00, bangun pukul 05.00. Nah itu pas 8jam.
Tapiii.. Jujur. Saya pribadi sulit untuk tidur pada jam tersebut.
Entah kenapa?
Ya bisa dibilang, saya suka tidur larut malam. Padahal itu ngga baik lhoo buat kesehatan (sok-teu hihi)


Jadi, tidur yang efektif itu sangat penting.
Kebanyakan tidur, ngga bagus. Kekurangan tidur, juga ngga bagus.
Tidur secukupnya buat kebutuhan badan kita.




Bagaimana dengan waktu tidur kalian? Apakah sudah efektif dan mencukupi?
(^_^)

No comments:

Post a Comment