Thursday, January 6, 2011

Mengenal Psikologi

Apa yang dimaksud dengan Psikologi?
Psikologi berasal dari bahasa Yunani Psike=jiwa, Logos=ilmu. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia secara ilmiah, dan penerapannya pada masalah manusia. Dikatakan bahwa psikologi adalah suatu ilmu. Suatu ilmu adalah suatu tubuh pengetahuan yang sistematis yang diperoleh dengan mengobservasi dan mengukur kejadian-kejadian secara hati-hati.
Ilmiah berarti dilakukan secara sistematis:
1. Mengenali masalah
2. Paham konsep teoritisnya
3. Membuat dugaan sementara
4. Evaluasi dugaan
5. Kesimpulan dan saran

Psikologi diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah hidup. Misalnya: mengatasi ketakutan anak terhadap gelap. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku. Perilaku itu meliputi segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia atau binatang yang dapat diamati dalam beberapa cara.

Metode untuk mengungkap psikologis:
1.  Percobaan/eksperimental
Metode yang memberikan perlakuan untuk melihat pengaruh yang muncul karena adanya perlakuan.
Contoh: - Perlakuan kasar --> anak menjadi agresif, anak menjadi depresif
2.  Observasi/pengamatan
Mengamati secara langsung/tidak untuk memperhatikan peristiwa yang dilakukan manusia secara alamiah.
Contoh: - Perempuan yang cinta sejenis (lesbi) --> biasanya sehari-hari menggunaka pakaian laki-laki, menyukai tampilan diri seperti laki-laki, mempunyai kekasih yang jenis kelaminnya sama.
3.  Metode Klinis
Cara yang digunakan praktisi untuk mendapatkan gambaran dinamika-psikologis dan menentukan intervensi untuk penyembuhan/perbaikan masalah.
Contoh: - Mengungkap remaja yang keergantungan narkoba --> self control dan self regulasi yang buruk, keluarga yang broken home.

No comments:

Post a Comment